My Soul Is Here

PENGANTAR ANTROPOLOGI

Posted on: 23 Juni 2009

Bagaimana memindai personality dibangun atas pilar pengetahuan, perasaan dan naluri dalam tindakan manusia?

Dalam kepribadian manusia terdapat dan dipengaruhi oleh pengetahuan, perasaan, dan naluri. Pengetahuan diperoleh dari akal manusia itu sendiri, kemudian perasaan dan naluri berhubungan dengan dengan jiwa manusia tersebut, peranan akal sendiri adalah pengontrol dari perasaan dan naluri dimana akal dapat membuat manusia tersebut menilai sesuatu, baik atau buruk, benar atau salah, dan sebagainya. Sedangkan naluri sendiri ditentukan oleh pengetahuan dan perasaan yang kemudian menbuatnya untuk melakukan sesuatu, dengan akal, manusia akan mampu mempunyai pengetahuan kemudian pengetahuan tersebut mengontrol perasaan dan nalurinya sehingga menghasilkan suatu kepribadian (personality) yang berbeda-beda.

Jelaskan dan mantapkan dengan contoh konkret, bagaimana tiga wujud kebudayaan terpindai pada kebudayaan suatu masyarakat?

Ada tiga wujud kebudayaan yaitu ide ; dimana ide merupakan gagasan yang ada dalam pikiran manusia, kemudian aktivitas ; yang merupakan tindakan yang dilakukan berdasarkan ide, dan artefak ; yang merupakan hasil dari tindakan yang dilakukan sebelumnya. Apabila dari ide tersebut dilanjutkan dengan tindakan manusia untuk melakukannya dan kemudian akan menciptakan suatu hasil yang kemudian disebut kebudayaan.

Contoh : Apabila kita mempunyai suatu ide atau gagasan untuk membuat kursi dari rotan maka kita harus melakukan tindakan, tindakan tersebut adalah mencari rotan yang kemudian dibentuk menjadi kursi, nah setelah rotan tersebut berhasil menjadi kursi maka kursi tersebut merupakan hasil dari kebudayaan.

Bagaimana kita memaknai konsep migrasi, akulturasi, dan asimilasi dalam memahami masyarakat Banjar?

Migrasi merupakan proses perpindahan manusia dari suatu daerah ke daerah lain, seperti pada masyarakat Banjar, pengaruh barat masuk kesini dengan ciri 3F yaitu fun, food dan fashion, kemudian proses asimilasi terjadi dengan orang Jawa misalnya sebab kebanyakan terdapat kebudayaan baru yang muncul akibat dari percampuran dari kebudayaan Banjar dan Jawa.

Tidak diragukan lagi Indonesia adalah negara dengan sumber daya alam yang melimpah ruah, tetapi bagaimana kita memahami dalam pandang kaji kebudayaan, kenapa kekayaan SDA tersebut tidak menjadikan masyarakat mendapat tingkat kemakmuran memadai?

Hal ini dikarenakan kebiasaan manusia Indonesia sendiri yang kurang ahli dalam mengelola SDA nya, sehingga kebanyakan ditangani oleh tangan asing, dan parahnya lagi masyarakat Indonesia tidak belajar dari pihak asing tersebut, karena sudah terbiasa dengan bantuan orang lain, sehingga masyarakat Indonesia tidak bisa mandiri dan tidak bisa memanfaatkan SDA yang berlimpah, hal inilah yang menjadi penghambat kemakmuran pada rakyat Indonesia.

Ditinjau dari teori kebudayaan, apa penyebab pokok para guru susah melakukan penemuan-penemuan dan atau penerapan penemuan-penemuan baru dalam dunia pendidikan?

Hal yang menjadi penghambat guru susah menemukan suatu penemuan karena alat informasin sangat kurang, sebab informasi yang diterima hanya itu-itu saja tanpa melakukan perbandingan informasi yang sedang hot dibicarakan, kita ambil contoh guru mengajarkan murid kencing berdiri, pasti muridnya akan kencing berdiri, dalam hal ini yang menjadi guru para guru masih berpikiran kuno atau tertutup, sehingga apa yang diajarkan hanya itu-itu saja kepada murid, selain itu guru kebanyakan kurang menguasai iptek sebab dalamm era globalisasi sekarang guru harus bisa menguasai iptek agar dapat menerapkan penemuan baru dalam dunia pendidikan.

1 Response to "PENGANTAR ANTROPOLOGI"

santai j wal ay, jangan tapi serius banar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: