My Soul Is Here

Penambangan Intan di Kalimantan Selatan

Posted on: 23 April 2009

Penambang artinya pekerjaan yang dilakukan seseorang berkenaan dengan penggalian tanah, intan adalah mineral yang secara kimia merupakan bentuk kristal, atau alotrop, dari karbon. Intan terkenal karena memiliki sifat-sifat fisika yang istimewa, terutama faktor kekerasannya dan kemampuannya mendispersikan cahaya. Sifat-sifat ini yang membuat intan digunakan dalam perhiasan dan berbagai penerapan di dalam dunia industri.
Penambangan intan merupakan sektor andalan dalam bidang perekonomian Kalimantan Selatan, dimana daerah Banjarmasin adalah daerah yang paling kaya akan intan, khususnya di daerah Cempaka yang merupakan daerah yang paling banyak ditemukan intan. Bagi penduduk Desa Cempaka, mendulang intan merupakan mata pencaharian turun temurun. Para pendulang biasanya berkelompok-kelompok mengali lobang pada kedalam sekitar 10-12 meter dengan menggunakan perkakas tradisional dan metode lama. Mereka bekerja keras mengadu nasib. Bahan galian tersebut selanjutnya dicuci untuk mencari sebutir Intan, terkadang pendulang menemukan pula Batu Akik dan Pasir Emas.
Cempaka adalah kawasan penambangan intan dan emas yang terletak 47 km dari Kota Banjarmasin dan 7 km dari Kota Banjarbaru. Di tempat ini pengunjung dapat melihat langsung bagaimana para pekerja mencari Intan atau Emas di lobang-lobang penuh galian dan penuh lumpur. Dari catatan sejarah di tambang ini pernah ditemukan intan terbesar seberat 20 karat pada tahun 1846, rekor ini kemudian dipecahkan pada tahun 1850 dengan ditemukannya intan yang lebih besar lagi seberat 167,5 karat.
Intan yang ditemukan kemudian dibawa ke Martapura untuk dibersihkan dan digosok, di jantung Kota Martapura banyak ditemukan rumah-rumah tempat penggosokan intan baik secara tradisional maupun modern yang terkenal adalah penggosokan Intan Tradisional Kayu Tangi Martapura. Di sini intan dan batu-batuan di bawa dan di gosok secara tradisional dengan berbagai macam bentuk.
Di Martapura juga terdapat tambang intan yang terkenal di Pengaron, dimana pada masa pendudukan Belanda tambang intan di Pengaron adalah penghasil intan terbanyak, tambang intan tersebut adalah Orange Nassau.
Baru-baru ini, penambang di Kabupaten Banjar menemukan intan mentah sebesar pentol bakso. Kelompok pendulang intan tradisonal menemukannya di kedalaman 15 meter di Desa Antaraku, Kecamatan Pengaron, Kabupaten Banjar.
Beratnya mencapai 40 gram, penambang mengatakan ukurannya 200 karat. Diberi nama Puteri Malu, intan ini penemuan terbesar setelah intan Trisakti tahun 1965 seberat 33 gram. Bagi seorang penambang, menemukan intan besar belum tentu membawa kemakmuran baginya. Penambang intan ibarat seorang buruh tani, hidup miskin bertahan hidup dari utang.
Walaupun Kalimantan Selatan merupakan penghasil intan terbesar di Indonesia, bahkan di dunia tetapi wilayah ini tingkat penganggurannya masih tinggi, sehingga perlu dilakukan pemberdayaan pada sector-sektor unggulan khususnya dalam penambangan intan.

10 Tanggapan to "Penambangan Intan di Kalimantan Selatan"

Hai…Bro,
Apakah lokasi yang dimaksud ini adalah Sungai Tiung, Kecamatan Cempaka, Banjar Baru? Kalau saya berkesempatan ke sana, adakah hotel murah tapi bersih? Melalui Banjarmasin atau kota lain? Siapakah yang bisa memandu untuk bertemu dengan pendulang intan langsung? Apakah saya bisa beli intan yang belum digosok? Tolong infonya. Terimakasih.

Kak..kalau proses atau cara penambangannya tuh gimana kak ?

sekedar info tambang terbesar intan / berlian di dunia adalah kimberley diamond mine di afsel..tambang lubang yang ada dari penambangan raksasa ini dapat di lihat di internet. tetapi saya salut dengan perjuangan pencari intan kita, semoga sistem pemerintahan di negeri ini dapat segera di reformasi menjadi lebih baik lagi dan memberi kesejahteraan pada seluruh bangsa…..cape liat negri kaya tapi rakyat miskin…kangen rasanya ingin ke kalsel lagi…

Trims atas infonya utk memasarkan batu sy bs bantu ttpi yg sy butuhkan adlh bahan baku alias batu yg blm di gosok.hitung2 mnambah lapangan pekerjaan

seandainya ada yg bs memandu sya brtmu lngsung dngn para petani intan didaerah bnjar bru..ato ga no.hp yg bs sya hbungi.sya sngat brminat skali menjalin krja sama. Udah ada bbrapa konsumen yg siap membeli intan mentah slh stu konsumen dr india.
Trims, jika ada skiranya bs hbungi sya di no.ini
+6282152613186

saya ada buyer emas dan intan, mohon dikirimkan summary dan foto ke amail saya : alfred.gunawan@yahoo.co.id dan hp saya 085264398330, kalau memang serius adaa produksi dengan kadar emas 99% sehari maksimal 2kg kami turun langsung ke lokasi dan transaksi sesuai dengan perjanjian atas kerja samanya kami ucapkan terima kasih hormat saya alfred gunawan

bagi rekan2 yang ke sulitan menjual batu intan/berlian,bisa menghubungi saya,ke betulan saya punya akses ke buyer/pembeli Lokal dan Luar negeri,,,untuk yang intan/berlian mentah yang saya cari warna putih grade clarity FL lF VVS1 VVS2 VS1 VS2 Grade color D,E,F,G,
untuk suplay ke korsel,,jika anda mau jual lewat saya, syaratnya wajib kirim foto dan memo barang ke alamat email saya. agoez1808@gmail.com call me,, 081335500224 or 08561318121

MENURUT SUMBER YG SAYA BACA DI INTERNET TANAH YG MENGANDUNG MAS ADALAH YG DEKAT DG GUNUNG BERAPI. SEDANGKAN DI KALIMANTAN TDK ADA GUNUNG BERAPI, BISA TOLONG PENCERAHAN NYA BAGAIMANA BISA ADA TAMBANG EMAS DI SANA. TERIMA KASIH

mungkin jaman dahulu kalah ada gunung di sono om… tapi kita gak tahu,,,, hehehhehe

Betul sekali…sepakat seperti yang dikatakan@amang#intan seperti yang dikatakan terbentuk 50-60 kilo meter didalam perut bumi dibawa keluar oleh letusan gunung merapi melalui semburan lava,yang anehnya mengapa di cempaka hanya digali beberapa meter sudah ditemukan intan…saya jadi berpikir bahwa atlantis/kota yang hilang adalah kalimantan karena secara logika intan intan tetsebut dahulu kala keluar kepermukaan dan seiring dengan waktu terkubur kembali…hanya ALLAH SWT yang tahu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: